Mengarang Bahasa Indonesia

Para pembaca yang setia hehe, ini ada karangan yang saya buat sendiri tapi tentu dibantu dengan membaca buku, internet, dari sahabat tentu dari pengalaman sendiri dalam menghadapi canggihnya teknologi. Sebenernya karangan ini belum lama dibuat kira-kira sekitar oktober 2012. Karangan ini adalah karangan saya waktu mengikuti lomba mengarang Bahasa Indonesia Se-sumatera selatan yang diadakan di Perpustakaan Palembang dengan tema “Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang digunakan oleh Masyrakat Sehari-hari. Lumayan untuk menambah koleksi piagam kita, soalnya baik yang menang maupun tidak tetap mendapatkan piagam dan uang tunai untuk ongkos pulang ke rumah masing-masing :D

Waktu itu saya bersama tiga teman lainnya mengikuti lomba ini, satu dari tiga teman lainnya sama seperti saya mengikuti lomba Mengarang Bahasa Indonesia dan dua lainnya mengikuti Pidato Bahasa Inggris. Bagi saya itu moment yang cukup menyenangkan karena selain bisa mengenal dan lebih dekat satu sama lainnya kamipun saling sharing tentang sekolah, presatsi, maupun pengalaman masing-masing yang pernah terjadi dalam kehidupan kami.

Baiklah itu sekilas gambaran tentang pengalaman yang ada di bangku SMA, begitu banyak cerita yang ingin saya ceritakan kepada kalian semua. Jadi, tetaplah setia pada saya hehe

Adapun inilah karangan yang saya maksud tadi. Semoga dapat diterima dan menjadi inspirasi bagi kita semua, kritik dan saran juga diterima jika ada kata-kata saya yang kurang berkenan. J

TIK Sebagai Tiang Penyanggah Tanpa Lelah

Pada dasarnya teknologi diciptakan untuk mempercepat dan mempermudah pekerjaan manusia. Oleh karena itu, teknologi informasi dan komunikasi hadir dengan tujuan memberi kemudahan bagi penggunanya. Namun, kebanyakan masyarakat masih awam apa itu sebenarnya TIK. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai bagian dari ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) secara umum adalah semua teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan (akuisisi), pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi.

Dengan adanya alat-alat teknologi dimulai dengan ditemukannya system computer hingga komunikasi dunia maya yang bisa dinikmati melalui telepon selular dengan akses GPRS telah digunakan oleh masyarakat. Tidak hanya orang dewasa tetapi anak-anak kecilpun sudah bisa menggunakannya bahkan di desa-desapun sudah ada alat-alat teknologi tersebut. Ini terbukti bahwa perkembangan TIK sangatlah pesat dan perkembangan inipun tidak hanya di Indonesia tetapi di dunia.

TIK menjadi peran penting dalam melayani masyarakat dengan sarana dan prasarana yang sangat menggiurkan dan harganyapun terjangkau, membuat seseorang tertarik untuk memilikinya karena begitu banyak aplikasi yang membuat kita lebih terhibur, komunikatif, kreatif, mengetahui banyak informasi dan lebih bersosialisasi. contohnya saja dalam bersosialisasi dan komunikasi, seseorang bisa terhubung dengan banyak orang karena sebuah layanan jejaring sosial. misalnya facebook dengan cara yang cepat dan petunjuk yang mudah seseorang bisa langsung menggunakannya dan berkenalan dengan banyak orang tanpa mengenal ruang dan waktu dalam artian siapa saja dan di mana saja, atau seseorang ingin mencari informasi, masyarakat tinggal mengetik apa yang ingin di cari dan langsung mengklik enter saja. Dalam beberapa detik seseorang bisa mendapatkan ribuan bahkan jutaan informasi yang diinginkan. Luar biasa bukan ? namun terlebih dahulu komputer seseorang harus terhubung dengan sebuah jaringan atau yang lazim disebut internet. Tidak hanya itu, saat ini di Indonesia penggunaan TIK sedang berkembang dalam berbagai sektor baik dalam pendidikan maupun kemiskinan.

Dalam pendidikan, Komputer dan jaringan komputer (intranet dan internet) memberikan kemudahan bagi para siswa dan guru. Para siswa dapat memperoleh bahan-bahan pembelajaran melalui perpustakaan elektronik (e-library) atau buku elektronik (e-book) dan Kehadiran Internet juga memungkinkan dilakukannya pembelajaran jarak jauh (e-learning). Maksudnya para siswa tidak hanya mendapatkan pembelajaran hanya dari ruang kelas tetapi bisa dimana saja dengan tersambungnya komputer dengan internet. selain itu, guru bisa mengetahui data siswa, Kegiatan pemrosesan nilai untuk menentukan nilai rata-rata, ranking, kelulusan, dan kejuaraan sekolah dapat dilakukan dengan mudah, cepat, dan tepat. Para guru juga tidak perlu menghitung nilai secara manual karena sudah adanya program dari komputer yang akan memproses penghitungan nilai tersebut.

Yang lebih terupdate lagi, dalam dunia bisnis dan ekonomi seolah-olah tidak ingin kalah saing dalam memanfaatkan TIK, karena sekarang sudah terjadinya “shopping”  melalui online. Mulai dari kebutuhan sandang hingga alat-alat teknologi, sudah banyak bermunculan iklan untuk mempromosikan benda-benda tersebut. Selain itu, ini menguntungkan dalam bidang ekonomi karena menambah tebalnya uang saku dan yang membeli merasa puas karena barang yang dibelipun sesuai dengan keinginan. Sehingga, semua orang atau semua sektor tak henti-hentinya bersaing untuk mendapatkan laba secara besar-besaran. Teknologi seperti sebuah arus yang tak berhenti berputar membuat hati orang tersenyum. Secara ilmu biologi, ibaratkan Simbiosis Mutualisme, kerjasama yang saling menguntungkan.

Adapun dalam pengentasan kemiskinan, TIK di pilih karena terbukti berhasil membantu secara efektif upaya-upaya mengurangi kemiskinan di negara-negara yang sedang berkembang, seperti Peru, Cina, Kepulauan Solomon, Zimbabwe, dan India. Pengalaman-pengalaman dan pelajaran yang diperoleh dari usaha serupa di tempat lain menunjukkan bahwa TIK paling efektif bila digunakan sebagai alat untuk pembangunan.

Akan tetapi, walaupun pemerintah sudah menyiapkan strategis dan cara yang matang dengan menggunakan teknologi dalam pengentasan kemiskinan. Masyarakat belum tentu ingin ikut berpartisipasi dalam melakukannya. Terkadang rakyat kecil asal bisa mendapatkan makanan sehari-hari saja sudah cukup, hidup tanpa teknologipun tidak apa-apa. Butuh motivasi agar rakyat dapat berpartisipasi, semua itu butuh pendekatan dan pengenalan yang bisa membuat rakyat nyaman dan percaya bahwa rencana dalam pengentasan kemiskinan ini benar-benar tulus dan jujur dalam niat. Maksudnya, tanpa memikirkan untuk keuntungan oknum-oknum tertentu. Harapan, ini bukanlah rencana belaka.

Di Indonesia, kira-kira 8 dari 10 orang telah menggunakan TIK sebagai keuntungan dalam kehidupan, bahkan membuat seseorang termotivasi untuk berfikir dan lebih kretif dengan imajinasi menggunakan kedua belah otak tentang masa depan dalam penggunaan TIK. Sekarang saja, sudah berkembang pesat apalagimasa yang akan datang akankah lebih mudah, semudah kita membalikkan telapak tangan atau TIK menghancurkan karena salahnya penggunaan ?

Namun untuk semua keuntungan-keuntungan yang telah disebutkan rasanya setimbang pula dengan dampak buruk yang terjadi karena adanya penyimpangan oleh pengguna. Jawabannya singkat, itu relatif tergantung seseorang ingin ke arah mana ? ke arah yang buruk atau ke arah yang lebih baik ? tentu harus mengubah pola pikir bahwa menggunakan TIK tidak perlu eahlian khusus ataupun maslah yang lainnya seprti maslah ekonomi. Tapi sangatlah penting membuat masyarakat lebih mengenal TIK, Walaupun tidak memiliki alat-alat canggih seperti laptop, handphone, atau alat yang lainnya. Tidak salahnya jika belajar dari materi dasar terlebih dahulu setidaknya telah mempunyai cadangan apa itu TIK, jangan menjadi sosok seorang yang tidak mengetahui tentang TIK atau istilah zaman sekarang “gaptek” atau gagap teknologi.

Berdasarkan fakta yang ada, dari tahun ke tahun terus diluncurkannya produk teknologi terbaru dan semakin canggih saja. TIK menjadi inspirasi masa depan untuk terus digali dan dikembangkan bahkan sekarang banyak bayangan dan opini yang dilakukan manusia tentang teknologi masa depan yang akan semakin spektakuler dan merajalela. Tapi seua yang terjadi hanyalah Tuhan Mahakuasa yang menentukan dan kita hanya berusaha untuk melakukan hal yang positif dan bermanfaat untuk masyarakat banyak. Tidak salahnya juga jika saling berbagi tentang ilmu teknologi baik itu orang tua, rakyat kecil, siapapun itu karena kita semua sama, Sebangsa dan Setanah Air. Tetaplah keluarkan segudang harapan dan motivasi untuk Indonesia yang lebih cerah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.