Resensi Buku Nonfiksi

Keputusan Mudah dan Tepat

Oleh Fairi Amiralti

Judul Buku   :  Membuat Keputusan Sulit Menjadi Mudah

Pengarang     :  Gael Lindenfield

Penerbit        :  PT Gramedia Pustaka Utama

Cetakan        :  II, Maret 2004

Tebal             :  148 halaman

 

Jika pilihan terasa sulit, biasanya selalu begitu, itu karena melibatkan setidaknya satu risiko. Risiko itu bisa berupa kemungkinan Anda akan kehilangan uang, pekerjaan, orang yang Anda cintai, kesempatan yang bagus, atau suatu penghargaan yang tinggi. Kebanyakan orang memerlukan dorongan keras untuk memperbesar rasa percaya diri dan menambah keberanian sebelum mengambil keputusan yang sulit.

Nyaris sama dengan itu, mereka yang pada umumnya menghargai dirinya terlalu rendah dan mudah goyah (untuk alasan apapun) juga akan merasa lebih sukar daripada orang lain dalam menentukan pilihan. Pasti sering sekali, bila Anda menghadapi suatu keputusan, secara otomatis Anda berpikir akan melakukan pilihan yang buruk.

Kalau Anda ingin menjadi seorang yang desisif (pengambil keputusan yag tepat), Anda harus menancap kuat pada tempat duduk pengemudi selama berkendaraan menyusuri jalan hidup Anda sendiri. Meluangkan waktu dan mau berupaya menghadapi kesulitan guna memperjelas prinsip-prinsip tuntunan hidup pribadi, dan mengembangkan visi yang tajam-jernih akan masa depan yang Anda kehendaki, adalah satu-satunya jalan bagi Anda untuk mengatasi hal itu.

Beri Anda waktu pikir yang berkualitas. Suatu cara yang tak ayal lagi pasti menyabot dan menggagalkan kesempatan Anda untuk membuat pilihan yang baik adalah sekadar tidak memberikan cukup waktu dengan kualitas yang baik bagi Anda sendiri untuk berpikir. Meski sudah jelas kebenarannya, namun seperti yang saya temui dalam kenyataan, hal itu selalu terlupakan. Jika kita tidak memberikan waktu berpikir yang konstruktif kepada pikiran sadar kita, pikiran bawah sadar kita akan memastikan bahwa kita mencapai titik keputus-asaan.

Ambillah waktu jeda penambah tenaga. Menentukan pilihan yang berat selalu membuat stres. Tak dapat dielakkan, proses menjelajahi kemungkinan-kemungkinan, menangani ketakutan terhadap risiko dan pikiran berat akan membebani badan dan benak kita dengan tekanan tambahan. Di dalam keadaan yang ideal, kita akan melakukan pengambilan keputusan semacam itu hanya pada saat kita berada pada kondisi puncak kebugaran fisik dan ketangkasan mental.

Pikiran dan ketakutan yang seperti itulah salah satu alasan buku ini ditulis. Buku ini memberikan banyak pengalaman tentang keputusan-keputusan yang sering dipilih seseorang. Bagaimana hasilnya, apakah sudah membuat keputusan yang benar, terkadang ada yang salah dan ada pula secara keberuntungan benar dalam mengambil langkah. Selain itu, kita juga diberikan latihan-latihan  dan langkah-langkah yang membuat kita lebih memahami dan bisa mengambil keputusan yang tepat.

Terkadang kita sering lalai dalam mengambil keputusan, Gael Lindenfield, seorang ahli psikoterapi dan penulis terkenal di Inggris menawarkan kiat-kiat sederhana tapi sangat strategis untuk membantu Anda membuat keputusan tanpa perlu merasa takut dan lebih percaya diri. Buku-bukunya telah terjual lebih dari sejuta eksemplar di seluruh dunia dan karya-karyanya telah diterjemahkan ke dalam enambelas bahasa.

Tak heran lagi jika buku yang berwarna sampul biru muda dengan gaya bahasa yang sederhana, serta dengan kertas putih berkualitas membuat pembaca tertarik untuk mengetahui isi buku ini. Selain tampilan fisik, pembahasannya juga mengenai kehidupan kita sehari-hari sehingga membuat pembaca lebih mengerti. Misalnya, mengambil keputusan untuk bekerja dengan gaji yang tinggi tetapi membuat depresi atau bekerja dengan gaji rendah namun membuat kita nyaman. Sedangkan, setiap hari keadaan ekonomi semakin terjepit. Kita akan bisa membuat keputusan tersebut dengan bantuan buku ini. Selain itu, banyak kata-kata motivasi, seperti menurut Ian Mcewan, Endless love mengatakan “Aku baru mau melangkah keluar dari selubung berkilau yang penuh ketakutan dan kerumitan khayalan yang mengasyikkan ke dunia konsekuensi yang keras dan tajam. Aku tahu bahwa satu tindakan, satu kejadian, akan diikuti yang lainnya”.

Tetapi, tidak ada gambar yang ikut melengkapi buku ini. Kebanyakan para pembaca akan merasa bosan, dan juga isinya terlalu banyak langkah-langkah yang terkadang tidak bisa dimengerti. Walaupun, gaya bahasanya mudah dimengerti dan sederhana tetapi ada beberapa kata yang tidak baku.

Buku yang berjudul “Membuat Keputusan Sulit Menjadi Lebih Mudah” tampak membuat kita menjadi lebih berhati-hati untuk bertindak. Bagi yang benar-benar susah dalam mengambil keputusan buku ini akan memecahkan problem Anda yang selama ini senantiasa menghantui dan menakuti pikiran-pikiran Anda. Saran dan petunjuk dari penulis mendorong kita untuk menentukan pilihan yang baik, tentu dilengkapi dengan latihan-latihan dan beberapa kata motivasi yang membangkitkan pikiran dan tindakan kita menjadi pribadi yang lebih tegas dan percaya diri dalam mengambil keputusan. Sehingga, kita bisa membuat keputusan akhir yang berkualitas dan tepat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s